Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menjaga kebersihan terutama mencuci tangan bukanlah sebuah kebutuhan yang penting, terkadang malah lupa atau tidak membiasakan diri untuk cuci tangan sebelum makan berbagai makanan dengan alasan tidak praktis. Padahal jika kita memakan berbagai makanan dengan tangan tanpa cuci tangan steril terlebih dahulu akan berdampak pada masuknya berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit. Sehingga kita perlu menjadikan cuci tangan sebagai kebutuhan yang harus dilakukan sebelum memakan makanan.
Membiasakan untuk mencuci tangan bisa dilakukan di berbagai tempat, sekolah misalnya adalah salah satu tempat yang paling krusial untuk pertukaran kuman dan sumber penyakit. Anak-anak sekolah dasar umumnya tidak mengerti dan memahami pentingnya mencuci tangan dengan bersih padahal tangan mereka sangat kotor karena saat bermain suka main dengan objek yang kotor seperti tanah, pasir, tiang usang dan tembok yang penuh bekas sentuhan tangan. Jika tangan yang habis menyentuh objek yang kotor  lalu digunakan untuk makan makanan yang sering ditemukan di sekolah maka bisa menyebabkan sakit perut dan pusing.
Untuk itulah di beberapa tempat di sekolah perlu disediakan sebuah sarana untuk mencuci tangan agar anak-anak bisa membiasakan diri untuk mencuci tangannya dengan bersih. Sarana untuk mencuci tangan tidak harus ada di area toilet saja namun bisa juga di area depan atau area masuk sekolah setelah area bermain, karena di tempat inilah yang paling rawan dalam penyebaran kuman dan penyakit. Anak-anak harus membiasakan diri cuci tangan steril sebelum masuk ke kelas atau sebelum jam makan agar tangan mereka senantiasa terlindungi dari kuman.
Sementara untuk di rumah agar mencuci tangan bisa menjadi kebutuhan yang sering dilakukan maka perlu untuk memberikan contoh yang baik pada anak-anak, caranya dengan mengajak mencuci tangan dahulu sebelum makan dan bersantai. Anak akan mencontoh kebiasaan orangtua sehingga jika sudah terbiasa tidak perlu lagi untuk dikasih tahu mengenai pentingnya mencuci tangan. Untuk hasil maksimal di sekitar area untuk mencuci tangan harus di sediakan tissu yang bersih atau bisa juga handuk kering yang bersih dan selalu diganti, tujuannya agar tangan yang sudah di cuci bisa lalu dikeringkan dengan tisu dan handuk kering.


Post a Comment

 
Top