Penyakit tipes bukanlah yang sepele, karena bisa berujung pada kematian apabila dibiarkan berlarut-larut. Oleh karena itu, anda harus mewaspadai secara dini gejalatipes yang umum dirasakan oleh penderita. Penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella Typhti yang ada pada air atau makanan yang kotor. Gejala-gejala dari penyakit ini bermacam-macam, seperti berikut ini:

-          Demam tinggi
Gejalanya biasnya diawali dengan demam yang tinggi mencapai 39-40 derajat celcius pada malam hari. Demam menurun pada pagi dan siang harinya. Kejadian ini terjadi secara berulang dalam 3 minggu.
-          Sakit kepala tak tertahankan
Tanda penyakit tipes lainnya adalah kepala terasa sangat sakit, pusingnya luar biasa, dan kepala terasa berat.
-          Sakit perut yang teramat nyeri
Akibat terjadinya peradangan pada usus, penderita tipes akan mengalami nyeri perut cukup kuat dan perut terasa panas.
-          Nafsu makan hilang
Orang yang sakit tipes akan kehilangan nafsu makannya karena lidahnya akan terasa pahit. Akibatnya, badan jadi sangat lemas dan berat badan akan menurun.
-          Lidah Putih
Orang yang sehat bagian tengah lidahnya berwarna merah, sedangkan orang yang sakit bagian tengah lidahnya akan putih.

  • Bibir pecah-pecahGejala tipes lainnya adalah bibir pecah-pecah dan tengorokan sakit.
  • DiareBiasanya, orang yang terjangkit tipes akan diare. Ada juga beberapa yang justru sulit buang air besar.
  • Mual dan muntahPerut orang tipes akan terasa sakit, jadi gampang mual, dan sering muntah.
  • Muncul bintik-bintik merahOrang yang tipes juga memiliki kemungkinan muncul bintik-bintik merah terutama pada bagian dada dan perut. 

Apabila anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ada yang bilang kalau penyakit tipes itu menular, jadi harus mewaspadai. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy sebelum atau sesudah melakukan aktivitas. Sabun Lifebuoy telah teruji klinis mampu membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh sehingga terlindung dari berbagai penyakit. Semoga info tentang gejala tipes ini bermanfaat.


Post a Comment

 
Top