Penyakit disentri merupakan gangguan kesehatan berupa infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah dan lendiri. Perlu anda tahu, disentri itu berbeda dengan diare. Diare adalah gangguan kesehatan dimana tinja menjadi lembek atau berair. Diare biasanya terjadinya buang air besar sehari bisa sampai 2-3 kali. Penyebab penyakit disentri biasanya disebabkan oleh dua jenis organisme yaitu bakteri dan parasit. Gejala lain dari penyakit ini biasanya, kram perut, mual disertai muntah. Penyakit disentri ini disebabkan oleh bakteri, oleh karena itu dapat menular.

Salah satu bakteri penyebab disentri adalah Shigella sp. Bakteri ini juga memiliki jenis-jenis yang lainnya yaitu, Shigella sonnei, Shigella flexneri, Shigella boydii, dan Shigella dysenteriae. Penyebaran bakteri ini sangat cepat dan mengancam kesehatan manusia. Biasanya penyebaran bakteri ini melalui sanitasi air yang buruk. Bakteri ini banyak ditemui pada feses. Indonesia merupakan salah satu negara yang rentan terhadp penyakit disentri, hal itu disebabkan oleh buruknya sanitasi dan kebersihan yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menjadi penyebab penyakit disentri mudah menyebar dan menular. Faktor kebersihan diri juga penting, kadang kita mengabaikan hal-hal kecil untuk menjaga tubuh kita seperti mencuci tangan pakai sabun.

Organisme kedua adalah parasit, parasit merupakan penyebab disentri yang lainnya. Parasit ini berasal dari spesies Entamoeba histolyca. Parasit ini banyak ditemui di negara tropis seperti Indonesia. Sama halnya dengan penyebaran bakteri, parasit juga menyebar lewat feses namun dalam bentuk kista. Kista ini dapat menjadi sarana penularan penyakit disentri, ditambah lagi dengan sanitasi yang buruk. Setelah kita tahu apa saja organisme yang menyebabkan penyakit disentri, seyogyanya kita semakin preventif menjaga diri mulai dari hal sederhana yang sering kita abikan yaitu mencuci tangan dan mandi dengan sabun anti bakteri yang ampuh melawan bakteri penyebab penyakit disentri. Sabun Lifebuoy dapat membunuh 99% kuman. Untuk mencuci tangan dan Anda menggunakan sabun Lifeboy total 10 yang dapat melindungi Anda dan keluarga dari kuman.


Post a Comment

 
Top