Bentuk masakan dari negeri sakura yang beragam jenisnya dan memiliki bentuk berbeda-beda, tentu membuat kita sedikit bingung bagaimana cara untuk memakannya. Seperti kita ketahui berbagai resep masakan jepang sehari-hari memiliki jenis dan nama yang berbeda-beda sesuai dengan cara pengolahannya. Bagi yang sudah terbiasa dengan aneka masakan tersebut tentu tidaklah sulit dalam hal menyantap masakan tersebut, namun bila Anda baru pertama kali melihat dan memakan menu tersebut maka sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang perlu kita tiru.

Sebelum dijelaskan tentang cara memakan dari berbagai resep masakan khas jepang sehari-hari ini, sangat penting kita mengetahui bagaimana pola makan yang sesuai dengan budaya mereka. Bukan bermaksud untuk menjiplak, namun karena pemilihan bahan yang mereka lakukan sangatlah efektif untuk menjaga kesehatan, maka tidak ada salahnya jika kita juga menirunya. Beberapa bahan tersebut seperti:

  • Bahan Kedelai, yang terkandung pada miso, adame ataupun tofu memiliki kadar serat yang tinggi dan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk menutrisi tubuh,
  • Rumput laut, biasanya terkandung dalam wakame, hondashi atau nori ternyata juga tinggi serat dan mengandung banyak vitamin yang bisa membuat daya tahan tubuh tetap terjaga,
  • Daging ikan, biasanya banyak terkandung dalam setiap masakan Jepang dimana sangat kaya kandungan asam lemak serta omega 3 yang baik untuk pertumbuhan.
Untuk memakan berbagai menu masakan jepang tersebut, biasanya ada prinsip yang harus diketahui:

  • Nasi, tidak diletakkan dalam piring lebar namun dalam mangkuk kecil untuk menghindari kelebihan porsi nasi yang bisa berakibat buruk,
  • Sumpit, digunakan sebagai pengganti sendok, namun siapa sangka dengan menggunakan alat ini kita tidak akan mengambil suapan yang terlalu banyak bagi kapasitas mulut sehingga bisa mengunyah setiap makanan dengan sempurna.

Agar bisa mendapatkan berbagai resep menarik dari negara ini, Blibli menyediakan berbagai buku panduan yang mengetengahkan secara lengkap bahan-bahan apa yang diperlukan serta bagaimana pengolahannya yang tepat. Dengan mempraktekkan pengolahan resep masakan jepang sehari-hari secara tepat maka cita rasa yang didapat juga akan sangat terjaga serta tidak mengurangi kandungan nutrisi didalamnya.

Post a Comment

 
Top