Setiap hari kita tentu menghabiskan banyak makanan, namun apakah sudah pasti sebagian besar yang kita makan mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh? Sebagian besar dari kita hanya menilai makanan dari rasa dan porsinya saja tanpa mempertimbangkan kandungan gizi dan senyawa lain yang harus dipenuhi setiap harinya agar tubuh tetap sehat. Dari tulisan kali ini, kami akan menghadirkan beberapa makanan bernutrisi yang baik untuk kebutuhan gizi harian anda.

Pertama, kalsium. Kandungan kalsium sebagaimana yang kita ketahui terdapat dalam susu, keju, yoghurt, atau produk susu olahan yang lain. namun selain itu kalsium juga banyak terdapat dalam ikan dengan tulangnya yang dapat mencukupi kebutuhan kalsium.

Kedua, pottasium. Pottasium merupakan mineral yang sangat penting untuk menjaga fungsi hati dan ginjal yang banyak terdapat dalam pisang dan kentang. Selain dalam kedua makanan ini, pottasium juga terdapat dalam pasta tomat, kerang, tumbuhan polong seperti kacang kedelai, polong hijau, lentil, yoghurt, ikan halibut dan ikan tuna.

Ketiga, Vitamin C. Vitamin C berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Vitamin ini banyak terdapat dalam buah jeruk, jambu biji, paprika merah, dan brokoli. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sepanjang hari, anda dapat memvariasikan kecukupan vitamin C dengan sumber lain seperti kiwi, kembang kol, tomat atau kubis.

Keempat, vitamin A. Wortel merupakan sayuran berwarna oranye yang dikenal sebagai sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain dalam wortel, vitamin A juga terdapat dalam labu kuning, tomat, blewah dan berbagai sayuran dan buah berwarna oranye lainnya. Selain itu vitamin A juga terdapat dalam bayam, polong hitam dan brokoli yang dikukus.

Kelima, zat besi. Senyawa ini berfungsi membantu mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh. Zat besi terdapat dalam sayuran bayam, daging merah dan hati ayam. Bagi anda yang menghindari konsumsi protein hewani secara berlebihan, anda bisa mendapatkan fungsi zat besi dari kacang-kacangan seperti polong hijau, polong hitam, dan kacang kedelai.

Demikian beberapa makanan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, semoga bermanfaat.





Post a Comment

 
Top